Jaksa KPK: Rommy Pakai Pengaruh Ketum PPP Campuri Seleksi Jabatan Kemenag

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 18:35 WIB
Mantan Ketum PPP Romahurmuziy (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Jaksa menyebut perbuatan mantan anggota DPR Romahurmuziy alias Rommy mengatur hasil seleksi jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) menggunakan pengaruhnya sebagai Ketum PPP saat itu. Rommy pun dianggap melakukan kolusi.

"Bahwa rangkaian perbuatan terdakwa tersebut menunjukkan adanya perwujudan perbuatan kolusi yang lahir dari sikap dan tindak laku yang tidak jujur dengan memanfaatkan kedudukan dan jabatannya sebagai Ketua Umum PPP dalam mempengaruhi atau ikut campur dalam penentuan jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI," kata jaksa KPK Wawan saat membacakan surat tuntutan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Jaksa mengatakan Rommy selaku anggota DPR tidak mempunyai kewenangan dalam seleksi jabatan di Kemenag. Namun Rommy selalu mengakomodasi pihak yang mempunyai kepentingan mendapatkan jabatan di Kemenag.



"Meskipun terdakwa menyadari sepenuhnya bahwa dalam kedudukannya sebagai anggota DPR RI, terdakwa tidak mempunyai kewenangan terkait hal ini. Namun terdakwa selalu mengakomodasi aspirasi dari orang-orang yang mempunyai kepentingan untuk mendapatkan jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI," ujar jaksa.

Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama saat kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan yang diduga melibatkan Rommy terjadi memang merupakan kader PPP. Menurut jaksa, Rommy mendapatkan keuntungan dari pihak yang ingin mendapatkan jabatan itu.

"Bahwa dengan perbuatannya tersebut terdakwa mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang mempunyai pemikiran bahwa terdakwa sebagai Ketua Umum dapat mempengaruhi proses penentuan jabatan di Kementerian Agama RI yang dipimpin oleh Kader PPP, incasu saksi Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama yang berasal dari partai yang sama dengan terdakwa di mana terdakwa adalah Ketua Umum partainya, yaitu PPP," papar jaksa.

Simak Video "Eks Ketum PPP Romahurmuziy Dituntut 4 Tahun Penjara!"


Selanjutnya
Halaman
1 2