Arti Pengibaran Bendera Merah Iran Usai Jenderal Soleimani Dibunuh AS

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 13:04 WIB
Foto: AP/Arti Pengibaran Bendera Merah Iran Usai Jenderal Soleimani Dibunuh AS
Jakarta - Bendera merah Iran dikibarkan menyusul tewasnya Jenderal Qassem Soleimani dalam serangan udara AS di Bandara Baghdad, Irak. Apa artinya pengibaran bendera tersebut?

Pertama kali dalam sejarah, bendera merah Iran dikibarkan di Masjid Jamkaran, sebuah tempat ziarah Syiah, di kota suci Iran Qom. Pengibaran bendera merah Iran dilakukan di tengah prosesi pemakaman Sang Jenderal, pada Sabtu (4/1/2020).



Dikutip dari CNN, bendera merah Iran artinya panggilan untuk melakukan pembalasan terhadap kematian Soleimani. "Panggilan untuk membalas Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, yang dibunuh pada pertempuran berdarah di Karbala. Hussein adalah tokoh sentral dalam Islam Syiah," tulis CNN.

Sedangkan Soleimani dikenal sebagai tokoh militer paling berpengaruh dan diplomat canggih yang bertanggung jawab untuk kebijakan regional di Irak, Lebanon, Suriah, Yaman dan lainnya.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bersumpah akan ada pembalasan atas kematian Soleimani. Khamenei pun menunjuk Brigadir Jenderal Esmail Qaani sebagai komandan baru untuk Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump membenarkan pembunuhan terhadap Soleimani. Pembunuhan itu sebagai tindakan pencegahan atas rencana Iran yang akan melakukan serangan terhadap AS.

"Soleimani merencanakan serangan dalam waktu dekat dan kejam terhadap diploma dan tentara AS, tapi kami menangkapnya saat beraksi dan mengakhirinya," ujar Trump kepada wartawan di resor Mar-a-Lago miliknya di Florida.


Tonton juga AS Siagakan Pasukan, Antisipasi Balas Dendam Iran :


Selanjutnya
Halaman
1 2