Sosok Yunahar Ilyas, Wakil Ketua MUI yang Meninggal Dunia

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 10:56 WIB
Yunahar Ilyas/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Wakil Ketua MUI Yunahar Ilyas meninggal dunia pada (2/1/2020) kemarin. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah ini meninggal karena sakit yang dialaminya.

Kabar meninggalnya Yunahar Ilyas ini juga disampaikan dalam laman resmi Muhammadiyah. Dituliskan bahwa Yunahar Ilyas meninggal pukul 23.47 di RS Sarjito Yogyakarta.



Berikut fakta-fakta Yunahar Ilyas yang dirangkum detik.com:

1. Keluarga

Yunahar Ilyas lahir di Bukittinggi pada 22 September 1956. Ia menikah dengan seorang wanita bernama Liswarni Syahrial dan dikaruniai empat orang anak.

2. Pengajar

Selain dikenal sebagai ulama, Yunahar Ilyas juga seorang pengajar. Ia bekerja sebagai Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

3. Penulis

Yunahar Ilyas juga dikenal memiliki beberapa karya tulis. Ia menulis buku sejak tahun 1992 dengan judul, 'Kuliah Aqidah Islam, Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1992'.



4. Calon Pengganti Ma'ruf Amin

Menjabat sebagai Wakil Ketua MUI, Yunahar Ilyas santer disebut-sebut sebagai pengganti Ma'ruf Amin atau Ketum MUI. Salah satunya dikatakan oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang menyebut Ma'ruf Amin menyatakan Yunahar akan menjabat di periode selanjutnya.

5. Sakit Gagal Ginjal

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Agus Taufiqurrohman mengatakan bahwa Yunahar Ilyas mengalami gagal ginjal. Ia telah dirawat sejak November kemarin.

6. Meninggal Dunia

Yunahar Ilyas meninggal dunia saat tengah persiapan cangkok ginjal. Rencanannya, donor ginjal untuk Yunahar Ilyas berasal dari keponakannya sendiri. (pay/erd)