Nyoman Dhamantra Bantah 'Tatam Anak Bu Mega' Terlibat, KPK Siapkan Saksi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 20:55 WIB
Sidang suap impor bawang putih di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Faiq Hidayat/detikcom)


Nama Tatam muncul pada persidangan kasus tersebut pada Kamis, 28 November, lalu. Saat itu Nyoman Dhamantra duduk sebagai saksi untuk terdakwa Chandry Suanda alias Afung. Saat itu jaksa KPK menanyakan tentang nama seseorang, yaitu Tatam, yang dijawab Nyoman sebagai putra dari Bu Mega.



Belakangan diketahui, Tatam yang dimaksud adalah Rizki Pratama, yang merupakan putra sulung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Lantas, apa kaitan nama itu dengan kasus yang membelit Nyoman saat ini?

"Nggak ada (kaitan) sama sekali dan itu apa saya juga nggak paham kenapa ada dugaan seperti itu (jatah kuota impor Tatam digunakan Nyoman) karena menurut saya ya tanyakan sama jaksanya saja," kata Nyoman.

"Saya mengenal beliau ya karena kebetulan beliau putra dari ketua umum saya saja. Saya juga nggak paham kenapa jaksa menanyakan soal nama beliau," imbuhnya.



Nyoman merupakan mantan anggota DPR dari Fraksi PDIP yang dijerat KPK lantaran diduga menerima suap terkait pemberian kuota impor bawang putih untuk pengusaha bernama Chandry Suanda alias Afung. Nyoman didakwa menerima Rp 3,5 miliar dari Afung untuk membantunya mendapatkan kuota impor itu di Kementerian Perdagangan (Kemendag).
selanjutnya
Halaman

(ibh/zak)