Round-Up

Gerakan Simbol Syiah Ditepis, Haddad Alwi Minta Gerak Polisi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 09:14 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Penyanyi religi Haddad Alwi diusir saat hendak memimpin selawatan di Cikeretug, Sukabumi, Jawa Barat, karena dituding sebagai pengikut Syiah. Tudingan itu ditepis pihak Haddad Alwi dan meminta polisi bergerak mengusut kasus pengusiran ini.

Insiden itu diduga terjadi pada tanggal 16 Desember 2019. Muannas Alaidid, yang ditunjuk sebagai pengacara Haddad Alwi, menyebut saat itu kliennya diundang untuk membacakan selawat.

Video yang berisi peristiwa pengusiran itupun viral di media sosial. Ada yang menduga insiden itu terjadi karena Haddad Alwi saat berada di atas panggung, sempat ceramah dan dalam ceramahnya itu dia membela ulama NU KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq, yang dilaporkan karena dugaan menista agama, dan mengutuk orang-orang yang memusuhinya.



Namun hal ini dibantah Muannas. Menurut Muannas, Haddad Alwi diusir karena ada provokasi yang menudingnya sebagai syiah. Muannas menyebut tudingan Syiah itu muncul gara-gara gerakan mengangkat tangan dan memukul dada yang dilakukan Haddad Alwi.

Anggapan soal gerakan Haddad Alwi tersebut merupakan simbol Syiah juga disampaikan oleh Pengurus DPP FPI, Slamet Ma'arif. Menurutnya, gerakan mengangkat satu tangan yang dilakukan Haddad Alwi saat berselawat adalah simbol Syiah sementara warga di lokasi acara mayoritas Sunni.



"Ini yang saya sampaikan masyarakat di sana mayoritas berkeyakinan Sunni, ustaz Haddad Alwi memperlihatkan simbol Syiah dalam selawatnya dengan mengangkat satu tangan. Oleh masyarakat dianggap mengajak untuk mengikuti Syiah," kata Slamet Ma'arif, Sabtu (21/12/2019).

Tudingan soal gerakan Haddad Alwi sebagai simbol syiah itu pun ditepis Muannas. Dia meminta pihak yang menganggap gerakan dari Haddad Alwi saat berada di panggung sebagai simbol Syiah untuk menonton video lengkapnya. Dia meyakini gerakan tersebut tak bisa dibuktikan sebagai simbol aliran Syiah.

"Tuduhan itu fitnah dan mengada-ada," kata Muannas.


Tonton juga Haddad Alwi Dituding Pengikut Syiah, Ini Tanggapannya :


Selanjutnya
Halaman
1 2