Menko PMK Gagas Program Sarapan Bersama di Sekolah, Minta Pemda Terlibat

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 14:45 WIB
Muhadjir Effendy (Rahel/detikcom)
Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menggagas program sarapan bersama di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah mencegah stunting pada anak.

"Salah satu langkah yang mau kita lakukan adalah untuk bikin program sarapan bersama. Sarapan bersama untuk anak-anak balita kita dan ibu-ibu yang sedang hamil, plus anak-anak yang sedang sekolah," kata Muhadjir di DoubleTree by Hilton Hotel, Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).


Sebagai informasi, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama sehingga tubuh anak lebih pendek daripada anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Muhadjir kemudian bercerita soal kisah masa kecil Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendapat susu, bubur kacang hijau, dan telur. Dia berharap konsep seperti inilah yang kembali dihidupkan dalam masyarakat.

"Bapak Presiden kemarin menyampaikan 'Saya dulu waktu masih kecil ada pembagian susu, ada bubur kacang hijau ada telur walau separuh-separuh gitu'. Ini loh kita hidupkan kembali," kata Muhadjir.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2