Komisi III DPR Ingatkan Jokowi soal Dewas KPK: Jangan Salah Pilih

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 16:44 WIB
Ilustrasi KPK (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik lima Dewan Pengawas (Dewas) KPK dua hari lagi. Komisi III DPR RI mengingatkan Jokowi supaya menunjuk orang yang benar-benar berkompeten.

"Kita dukung penuh yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam memilih Dewas. Saya harap Presiden jangan salah pilih," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).


Jokowi sudah mengungkapkan tiga nama yang diusulkan menjadi Dewas KPK. Ketiga nama itu adalah hakim Albertina Ho, mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, dan eks hakim agung Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar.

Sahroni menyakini Jokowi juga mempertimbangkan ketiga nama tersebut. Sahroni menilai nama-nama tersebut memiliki kemampuan menjadi Dewas KPK.

"Pasti sudah dipertimbangkan secara matang karena, seperti kita ketahui, Artidjo ini punya pengalaman panjang dalam memutus perkara korupsi, begitu juga Albertina Ho. Lalu ada Taufiqurrachman Ruki, yang pernah menjabat sebagai Ketua KPK periode 2003-2007," sebut politikus NasDem itu.


Menurut Sahroni, Komisi III DPR pada dasarnya mendukung keputusan Presiden Jokowi dalam memilih lima Dewas KPK. Dia berharap mereka yang ditunjuk bisa bersinergi dengan pimpinan KPK.

"Saya harapkan pimpinan KPK dan Dewas KPK yang baru dapat bersinergi bersama demi mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi," harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi telah membeberkan latar belakang calon-calon Dewas KPK. Namun Jokowi menyebut belum memutuskan.

"Ada dari hakim, dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).



Bukan Karena UU Baru, Ini Alasan KPK Belum OTT Lagi:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/haf)