Survei Kesuksesan Nawacita hingga Presiden Dipilih MPR, Apa Persepsi Publik?

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 18:31 WIB
Survei Roda Tiga Konsultan (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Sejumlah isu jadi pembahasan hangat di masyarakat, dari soal wacana presiden dipilih MPR hingga tantangan bangsa ke depan. Bagaimana pendapat rakyat terhadap isu-isu tersebut?

Roda Tiga Konsultan menggelar survei soal isu-isu terkini pada 26 November-5 Desember 2019. Survei ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified systemic random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka. Margin of error survei ini 2,89 persen.

Sejumlah hasil survei Roda Tiga Konsultan ini jika dijumlah tak genap 100%. Pihak Roda Tiga Konsultan mengatakan hal tersebut terjadi karena pembulatan angka di belakang koma.


Berikut ini hasil survei Roda Tiga Konsultan yang dirilis oleh Direktur Risetnya, Muhammad Taufiq Arif, di Roda Tiga Cafe, Jl Lebak Bulus, Jaksel, Selasa (17/12/2019):

Isu Presiden Dipilih MPR

Dalam survei, responden diberi pertanyaan: Bagaimana sikap Bapak/Ibu/Saudara tentang pemilihan presiden oleh MPR? Sebanyak 52,8 persen responden memilih tidak setuju.

Sementara itu, sebanyak 12,3 persen responden menyatakan sangat tidak setuju. Selanjutnya 0,9 persen masyarakat memilih sangat setuju, 9,9 persen setuju, 17,6 persen netral, dan 6,4 persen masyarakat tidak memberikan jawaban.


Survei juga menanyakan sikap responden terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur dilakukan oleh DPRD. Sebanyak 54,3 persen responden menyatakan tidak setuju, 11,9 persen sangat tidak setuju, 0,6 persen sangat setuju, dan 10,6 persen setuju. Sedangkan 17 persen memilih netral dan 5,7 persen tidak menjawab.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4