Polri soal Penggusuran Tamansari Bandung: 2 Anggota Diduga Langgar Disiplin

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 15:39 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adisaputra (Audrey/detikcom)
Jakarta - Polri mengatakan dua anggota Polrestabes Bandung diduga melakukan pelanggaran disiplin saat mengamankan kegiatan penggusuran di Tamansari, Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, Polda Jawa Barat mengatakan dua anggotanya terindikasi melakukan pelanggaran.

"Kan di kepolisian ada tiga ranah hukum ya yang berlaku. Pertama ada kode etik, kedua ada disiplin, ketiga ada pidana. Jadi sementara ini dua orang ini diduga melakukan tindakan yang melanggar aturan disiplin," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).


Asep tak menjelaskan secara detil terkait pelanggaran disiplin yang dilakukan dua oknum anggota Polrestabes Bandung tersebut. Namun Asep menggambarkan keduanya melakukan tindakan yang tak sesuai dengan arahan dan ketentuan yang telah disampaikan komandannya.

"Jadi ada hal-hal yang mungkin ketika melakukan tindakan itu tidak sebagaimana ketentuan dan sebagaimana arahan dari pimpinan yang melakukan penertiban pada saat itu," jelas Asep.

Asep menambahkan, total ada 62 anggota Polrestabes Bandung yang diperiksa Bidang Propam Polda Jawa Barat terkait kejadian ini.



Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengakui adanya dua anggota yang diperiksa intensif berkaitan dengan dugaan pelanggaran saat pengamanan penggusuran di Tamansari. Selain kedua orang tersebut, Trunoyudo menuturkan ada 50 anggota lainnya yang juga turut diperiksa.

"Jadi 52 orang sudah kami periksa yang melakukan penugasan pengamanan. Sudah dua orang ditentukan pelanggaran internal," ucap Trunoyudo saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Sebagaimana diketahui, proses penggusuran lahan untuk Rumah Deret Tamansari, Bandung, berujung ricuh. Setelah penggusuran, muncul video aksi polisi melakukan tindakan kekerasan. Terdapat sejumlah video aksi pemukulan yang dilakukan polisi terhadap sejumlah pemuda yang menolak penggusuran lahan Rumah Deret Tamansari, Bandung, Kamis (13/12). Cuplikan-cuplikan video berdurasi singkat itu viral.

Salah satu video memperlihatkan seorang pemuda ditangkap dan dibawa ke arah barisan polisi. Pemuda berpakaian hitam tersebut mendapat pukulan dari sejumlah polisi. Selain itu, ada video saat polisi mencari kelompok massa yang kabur ke arah Balubur Town Square (Baltos). Beberapa kali aparat memukul menggunakan tongkat.

Simak Video "Polri Periksa Anggotanya Terkait Penggusuran di Tamansari"

[Gambas:Video 20detik]

(aud/imk)