Terpantau PPATK! Banyak Pengurus Parpol Tukar Duit Asing di Pemilu 2019

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 16:27 WIB
Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memaparkan hasil pengawasannya selama pemilu 2019. Berdasarkan hasil investigasi, terdapat anggota legislatif dan pengurus partai yang melakukan penukaran uang asing.

"Riset PPATK mengidentifikasi selama periode pemilu, terjadi penukaran berbagai valuta asing dari mata uang asing tertentu, yang didominasi oleh anggota legislatif dan pengurus partai politik," ujar Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin dalam refleksi akhir tahun di kantornya, Jalan Ir Haji Juanda, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).


Badaruddin menyebut pihaknya juga mendapati beberapa kasus dalam Pemilu. Diantaranya 16 kasus yang terindikasi politik uang dan 72 calon anggota legislatif berstatus dinasti politik.

"Riset PPATK juga mendapati 16 kasus terindikasi politik uang, dan sejumlah 72 calon anggota legislatif yang berstatus dinasti politik maupun dari calon pilkada 2018 yang tidak terpilih," tuturnya.


Tidak hanya itu, PPATK disebut berhasil melakukan identifikasi transaksi uang yang mencurigakan. Hal ini berkaitan dengan pelanggaran dana kampanye pemilu.

"Di luar itu, riset PPATK juga berhasil mengidentifikasi modus dan indikator transaksi keuangan mencurigakan terkait pelanggaran dana kampanye Pemilu," kata Badaruddin.


Tonton juga Soal Pilkada Langsung, Ahmad Basarah: Patut Direspons Parpol dan DPR :


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2