Gibran Daftar Pilwalkot Solo, PAN: Nama Orang Tua Bisa Jadi Faktor Kemenangan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 07:04 WIB
Dradjad Wibowo (Foto: dok. ist)
Dradjad Wibowo (Foto: dok. ist)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa majunya Gibran Rakabuming Raka pada pemilihan walikota (Pilwalkot) Solo adalah sebuah kompetisi. Partai Amanat Nasional (PAN) menilai nama besar orang tua bisa menjadi salah satu faktor penentu kemenangan.

"Soal dinasti, faktanya memang secara politik riil, nama orang tua atau saudara bisa menjadi daya tarik bagi pemilih. Bahkan bisa menjadi faktor penentu kemenangan, baik dalam pilkada maupun pileg tingkat nasional dan daerah. Banyak sekali tokoh nasional dan daerah yang anaknya atau saudaranya terpilih sebagai kepala daerah atau anggota DPR/DPRD," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo kepada wartawan, Kamis (12/12/2019).



Dradjad mengatakan setiap warga negara memiliki hak politik masing-masing. Dia menyebut terkait peluang kemenangan Gibran itu dikembalikan pada keputusan politik warga Solo.

"Karena itu saya tidak mempermasalahkan rencana majunya Gibran dalam pilwalkot Solo. Itu hak konstitusional dia. Soal nanti dia menang atau kalah, itu keputusan politik warga Solo," ujarnya.




Gibran Resmi Daftar Pilwalkot, Ini Respons Ketua PDIP Solo:


Selanjutnya
Halaman
1 2