Round-Up

Baru Ronde Pertama dari Mendikbud Nadiem Makarim

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 05:29 WIB
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim (Antara Foto)
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim (Antara Foto)
Jakarta - Tak hanya satu, empat perubahan langsung digeber Nadiem Makarim sebelum 2 bulan genap menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Bagi Nadiem, ini baru ronde pertama.

Empat perubahan itu dipaparkan Nadiem di hadapan Dinas Pendidikan seluruh Indonesia. Dia menyebutnya sebagai 'Pokok Kebijakan Merdeka Belajar'. Empat hal yang diubah Nadiem yaitu terkait Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.


Nadiem mengakui bahwa perubahan yang digagasnya ini bukannya tanpa tantangan. Perubahan pasti tidak nyaman tapi itu diperlukan untuk melakukan lompatan.

"Ini adalah ronde pertama 'Merdeka Belajar'. Tidak ada perubahan yang nyaman-nyaman saja. Semua perubahan itu pasti ada tantangnnya. Semua perubahan pasti ada ketidaknyamanannya," kata Nadiem di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019)

"Tetapi seperti yang kita tahu sudah waktunya Indonesia melompat ke depan bukan hanya melangkah," sambungnya.


Baru Ronde Pertama dari Mendikbud Nadiem MakarimNadiem saat pelantikan menteri / Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).


Tantangan yang dimaksud Nadiem sudah muncul. Tak semua setuju dengan gagasannya, termasuk tentang penggantian format Ujian Nasional. Meski demikian, ada juga yang mengapresiasi.

Berikut rangkuman tentang 'ronde pertama' Nadiem Makarim:
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4