Cerita Menag Bahas 'Islam-Kebangsaan dalam Satu Kotak' dengan Menteri Saudi

Faisal Javier - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 16:22 WIB
Menag Fachrul Razi (Foto: dok. Istimewa)
Menag Fachrul Razi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bercerita mengenai pertemuannya dengan menteri urusan umrah dan haji Arab Saudi pada pekan lalu. Fachrul mengatakan ada sejumlah hal yang bisa dijadikan rujukan dalam pembangunan masyarakat yang bergairah.

"Bicara tentang ekonomi syariah, seminggu yang lalu pulang dari Saudi, bicara dengan menteri umrah dan hajinya. Selesai bertemu, ada waktu setengah jam, waktu setengah jam dimanfaatkan untuk membriefing saya tentang visi 2030 Saudi. Dan saya bersyukur sedikit banyak tahu tentang visi 2030 Saudi. Pada dasarnya mereka merasa sudah tertinggal dalam modernisasi sudah tertinggal dibanding UAE. Bukan bermaksud kita mencontoh Saudi, karena dalam beberapa hal kita tidak sama. Tapi mungkin bisa juga dijadikan acuan. Salah satu poin adalah membangun masyarakat yang bergairah," kata Fachrul saat menyampaikan sambutan dalam Rakornas Badan Wakaf Indonesia (BWI) di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).



Menurut Fachrul, ada dua syarat untuk membangun masyarakat yang bergairah. Fachrul menekankan pentingnya meletakkan Islam dan kebangsaan dalam satu kotak.

"Syaratnya ada dua, memenuhi kebutuhan dan kesehatan. Kedua, memperkuat identitas Islam dan bangsa. Jadi dia meletakkan itu dalam satu kotak. Bukan ada, identitas Islam sendiri, kotak lain (berisi) identitas bangsa," ujar dia.



Selanjutnya
Halaman
1 2