Polisi Bakal Periksa Orang Terdekat Penipu Sosialita Manja

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 16:06 WIB
Foto: Hermawan M-detikcom/Tersangka  penipuan arisan online di Makassar
Foto: Hermawan M-detikcom/Tersangka penipuan arisan online di Makassar
Makassar - Puluhan warga Makassar yang tergabung di Sosialita Manja menjadi korban penipuan arisan online dengan nilai kerugian mencapai Rp 10 miliar. Polisi berencana orang terdekat pelaku penipuan.

"Kita akan dalami orang-orang dekat tersangka penipuan ini," Dirkrimsus Polda Sulsel, Kombes Agustinus B Pangaribuan, Rabu (11/12/2019).

Polisi masih terus melakukan pendalaman terkait kasus ini. Termasuk akan memeriksa suami salah satu tersangka.




"Itu pasti kita dalami peranannya dan kita akan periksa. Nanti kita akan ekspose kok jadi sabar ya teman-teman biar bersamaan semuanya," ujarnya.

Berdasarkan informasi awal pemeriksaan, tersangka penipuan arisan online di Makassar, Wenny dan Kelvina menggunakan uang kelompok arisan Sosialita Manja tersebut untuk gaya hidup.

"Yang pasti (buat) makan, kemudian belanja baju segala macam," kata Agustinus.

Perlu diketahui, arisan online ini ternyata bukan arisan biasa, tetapi mirip seperti peminjaman online di mana peserta arisan sebagai investor.

"Arisan ini sebenarnya bukan seperti arisan biasa, tapi mirip pinjaman online di mana peserta urunan memberikan pinjaman yang ditawarkan tersangka dengan janji bunga besar," kata kuasa hukum para korban, Muhammad Aljebra.





Salah seorang korban, Ivana Lie mengaku telah menggelontorkan investasi hingga Rp 800 juta di arisan online ini. Dikatakannya ada beberapa permainan yang ditawarkan, yaitu permainan flat, double, tembak, dan menurun.

"Kalau flat ini, admin akan mengumumkan digrup ada pihak yang akan meminjam dan membuka 10 penyandang dana. Urutan 1 hingga 10 berdasarkan waktu pengembalian dengan bunga hingga 15 persen," ucapnya.





Dia mencontohkan, admin akan mencari penyandang dana untuk pinjaman Rp 500 juta dengan bunga variasi tergantung lama pinjaman.

"Bunga 15 persen dan itu berkisar 20 hari. Ada juga 12 persen dan 10 persen untuk tenggat waktu tertentu," kata dia.


Tonton juga Ingat! Polrestabes Makassar Larang Main Petasan Saat Tahun Baru :

[Gambas:Video 20detik]

(fiq/fdn)