SBY Pidato Refleksi Akhir Tahun Malam Ini, Bicara Koalisi dengan Jokowi?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 12:14 WIB
Foto: Ketum Demokrat SBY. (Noval Dwinuari Antony/detikcom).
Foto: Ketum Demokrat SBY. (Noval Dwinuari Antony/detikcom).
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY akan menyampaikan pidato refleksi akhir tahun malam nanti. Akankan SBY membahas peluang Demokrat bergabung ke pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pidatonya?

Ketua DPP PD Jansen Sitindaon mengatakan pidato refleksi akhir tahun SBY bakal banyak menyoroti sisi ekonomi Indonesia. Menurutnya, pidato SBY tak ada kaitannya soal koalisi.

"Ini refleksi akhir tahun pidato ini. Jadi tidak ada kaitannya dengan soal koalisi. Apapun kan kita bukan partai koalisi pemerintah. Jadi lebih kepada highlight keadaan ekonomi, tantangan ke depan. Kalau temanya soal ekonomi, politik, hukum dan keamanan," sebut Jansen saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).


Jansen menyebut pidato SBY nanti malam tak ada kaitannya dengan sikap politik Demokrat. Dia mengatakan sikap politik Demokrat sudah jelas berada di luar pemerintahan.

"Tidak ada (penyampaian sikap politik Demokrat), pidato nanti malam itu tidak ada kaitannya soal-soal posisi politik Partai Demokrat terhadap pemerintah karena kita jelas bukan bagian dari koalisi Pak Jokowi. Ini lebih ke poin terkait peluang, tantangan dan harapan Indonesia di tahun 2020," sebut Jansen.

SBY Pidato Refleksi Akhir Tahun Malam Ini, Bicara Koalisi dengan Jokowi?Foto: Jansen Sitindaon (dok. pribadi).

Meski Demokrat bukanlah bagian dari pemerintah, Jansen menyebut partai politik punya tanggung jawab ikut memajukan bangsa. Pidato Presiden RI ke-6 itu nanti malam disebutnya sebagai politik ide gagasan.

"Politik ide gagasan karena Pak SBY pernah 10 tahun pimpin Indonesia. Refleksi akhir tahun serta tantangan (ke depan)," ucap Jansen.
Selanjutnya
Halaman
1 2