Round-Up

Permainan 'Sosialita Manja' Berujung Raibnya Uang Miliaran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 08:21 WIB
Foto: M Taufiqurrahman/detikcom
Foto: M Taufiqurrahman/detikcom
Makassar - Ungkapan 'Mau untung, malah buntung' menggambarkan nasib puluhan orang yang menjadi memberi arisan 'Sosialita Manja'. Arisan online dengan sistem investasi dengan pengembalian dana berbunga ini membuat rugi anggotanya hingga miliaran rupiah.

"Hampir satu tahun lah (beraksi menipu), sejak Mei 2019," ujar Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulsel, Kombes Augustinus B Pangaribuan, kepada wartawan di Mapolda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Jumat (6/12/2019).

Polisi akhirnya menangkap admin arisan online tersebut yaitu dua perempuan bernama Wenny (40) dan Kelvina (34) di Makassar. Kedua tersangka diamankan setelah sejumlah korbannya melapor ke polisi, pada Senin (2/12).

"(Kerugian korban) Rp 10 miliar lebih ini dari 51 yang sudah terdata," kata Agustinus.


Permainan 'Sosialita Manja' Berujung Raibnya Uang MiliaranFoto: M Taufiqurrahman/detikcom

Polisi menyampaikan modus kedua tersangka adalah mengiming-imingi bunga dalam jangka waktu kurang dari sebulan pada calon member. Kedua tersangka akan menepati janjinya di awal arisan agar korban percaya dan menyetor uang dengan nominal lebih banyak. Setelah itu, kedua tersangka tak mengembalikan uang setoran member dan mengaku kolaps.

Kepada Agustinus, Wenny dan Kelvina mengaku uang para member arisan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedua wanita itu juga menggunakan uang arisan untuk menunjang gaya hidup mereka.

"Yang pasti (buat) makan, kemudian belanja baju segala macam," ucap Agustinus.

Augustinus menjelaskan penyidik berencana menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam penanganan kasus ini. Tujuannya untuk menelusuri aliran dana di rekening Wenny dan Kelvina.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3