Ketua PAN Yakin Bursa Caketum Tak Rusak Hubungan Keluarga Zulhas-Amien Rais

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 09 Des 2019 17:25 WIB
Yandri Susanto (Zunita Putri/detikcom)
Yandri Susanto (Zunita Putri/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP PAN Yandri Susanto meyakini pertarungan pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025 tak akan merusak hubungan keluarga Amien Rais dengan Zulkifli Hasan (Zulhas). Yandri mengimbau semua pihak memandang positif kontestasi pemilihan Ketum PAN.

"Pertarungan internal PAN nggak bakal rusak persaudaraan, kekeluargaan, pertemanan, nggak rusak itu. Dan terlalu jauh juga kalau mau dikaitkan-kaitkan pecah-memecah, ribut antarkeluarga, nggak sejauh itu," kata Yandri di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Meskipun demikian, Yandri menyebut Amien memang memiliki pengaruh yang besar di PAN. Dia menghormati mantan Ketua MPR itu sebagai pendiri PAN.


"Pak Amien pendiri, bagaimana mau ngilangin (pengaruhnya)? Nggak mungkin itu, cari kerjaan aja, nggak mungkinlah," sebutnya.

"Pak Amien harus kita hormati harus, kita hargai, karena beliau pendiri, sudah antarkami semua seperti ini. Nggak mungkinlah dihilangkan, dari mana?" imbuh Yandri.

Amien diketahui sempat menyindir para kader PAN di rakernas yang berteriak 'Zulhas dua periode'. Hal itu, menurut Yandri, merupakan hak Amien. Ketua Komisi VIII DPR RI itu meminta tak ada pihak yang membenturkan Amien dengan kader-kader PAN pendukung Zulhas.


"Ya itu hak Pak Amien-lah ya, punya sikap seperti itu. Sekali lagi, menurut saya, jangan dibenturkan restu-tidak restu, pengaruh siapa pengaruh. Di PAN tuh biasa. Lima tahun sekali kontestasi internal itu biasa. Karena selalu yang proses internal itu dilalui dengan selamat. Artinya walaupun kongres sepanas apa pun, lalu setelah kongres akan guyub," papar Yandri.

Sebelumnya, anggota Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo, meyakini akan mempertimbangkan secara matang sebelum mencalonkan diri sebagai caketum. Dia meyakini salah satu pertimbangannya adalah hubungan keluarga Zulhas dengan Amien Rais.

"Soal apakah Bang Zul akan maju lagi atau tidak, itu sepenuhnya hak Bang Zul mempertimbangkannya. Saya yakin bang Zul akan melihat semua faktor dengan bijak, mulai dari hubungan kekeluargaannya dengan Pak Amien, tradisi kepemimpinan PAN, hingga sejarah apa yang akan diberikannya kepada PAN maupun sejarah politik dan kepemimpinan di Indonesia," ujar Dradjad kepada wartawan, Senin (9/12).

Simak Video "Amien Rais Minta Zulhas Tak Maju Caketum, Ini Kata Sekjen PAN"

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)