Ada Kader Ngaku Ditekan Dukung Zulhas, Sekjen PAN: Lapor, Nanti Diproses

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 08:56 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Kader PAN Djainuddin Damopolii menuding adanya arahan tersruktur dari DPP ke pengurus wilayah untuk mendukung kembali Zulkifli Hasan maju menjadi caketum. Sekjen PAN Eddy Soeparno meminta dugaan intervensi tersebut dilaporkan agar ditindaklanjuti pengurus pusat PAN.

"Kalau ada, silakan, laporkan siapa yang menekan, di mana, kapan, dan tekanannya seperti apa. Laporkan, nanti kita akan tindak lanjuti," kata Eddy saat dihubungi, Sabtu (7/12/2019).

Eddy mengatakan sebagai sekjen partai, dirinya ingin memastikan tak ada pemaksaan terhadap kader dalam pemilihan ketua umum PAN. Menurutnya, intimidasi adalah tindakan mengekang demokrasi di tubuh partai berlambang matahari terbit tersebut.


"Saya sebagai sekjen partai yang menegakkan disiplin mekanisme di dalam partai, memastikan tak ada. Kalau ada tekanan-tekanan terhadap pengurus daerah/wilayah untuk memaksakan pilihan terhadap salah satu kandidat, justru saya perlu ditindak karena mengekang demokrasi di tubuh PAN," tuturnya.

Dia mengatakan politikus senior PAN, Amien Rais, mengajarkan kader untuk berpolitik secara etis. Eddy menambahkan, dirinya ingin pemilihan PAN berjalan tanpa ada tekanan da paksaan.