RI Sampaikan Data Publikasi Indikasi Geografis Terkini ke Uni Eropa

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 10:42 WIB
Foto: Dok. DJKI
Foto: Dok. DJKI
Jakarta - Indonesia dan Uni Eropa (EU) melanjutkan perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) putaran ke-9 yang berlangsung dari 2 sampai 6 Desember 2019 di Brussel, Belgia.

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga yang mewakili Indonesia mengatakan perundingan I-EU CEPA menjadi prioritas dan diharapkan kedua belah pihak dapat meraih perkembangan positif dari perundingan ini.

"Perundingan ini diharapkan memberikan peluang ekonomi yang terbuka," ucap Jerry dalam keterangan tertulis, Jumat (6/12/2019).


Perundingan kali ini, kata Jerry, membahas 17 isu antara lain hak kekayaan intelektual, perdagangan barang, keterangan asal, bea-cukai dan fasilitasi perdagangan, sanitasi dan fitosanitasi, instrumen pengamanan perdagangan, serta perdagangan jasa.

Selain itu, dibahas mengenai investasi, usaha kecil-menengah, perusahaan milik negara, pengadaan pemerintah, kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas, perdagangan dan pembangunan berkelanjutan, transparansi dan praktik penerapan peraturan yang baik, serta kelembagaan dan penyelesaian sengketa.

Terkait hak kekayaan intelektual, dibahas mengenai publikasi indikasi geografis (IG) yang sebelumnya dilakukan pertukaran data antar kedua belah pihak.


Dalam perundingan ini, lanjut Jerry, Indonesia menyampaikan tambahan 21 produk IG sehingga total untuk saat ini menjadi 69 produk IG.

Jerry yang juga turut menghadiri sesi Opening Plenary, menyampaikan mandat dari Presiden RI untuk mengawal penyelesaian perundingan IEU-CEPA ini.

"Sesuai mandat Presiden RI, perundingan dengan EU merupakan prioritas semenjak selesainya perundingan bilateral dengan Australia dan European Free Trade Association (EFTA), yang kini tengah dalam proses ratifikasi di tingkat legislatif, dan selesainya text-based negotiation Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP)," tuturnya. (prf/ega)