Ramai di Medsos, Kak Seto Jelaskan soal 'Sekolah 3 Hari'-'Nilai Matematika 4'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 18:25 WIB
Kak Seto (Kintan Nabila/detikHealth)

Soal Pengakuan Nilai Matematika 4, tapi Masih Hidup

Kak Seto juga menjelaskan soal pengakuannya saat mendapatkan angka 4 pada mata pelajaran matematika tapi masih bisa hidup. Menurutnya, meskipun bodoh dalam bidang matematika, dia masih hidup karena cara mengajar ibunya yang kreatif.

"Saya kecil memang bodoh matematika, tapi buktinya masih hidup. Kenapa? Karena ibu saya mengajar matematika dengan gaya yang penuh persahabatan, yang kreatif," jelasnya.


Dia bercerita, saat kecil dia merupakan anak yang nakal sehingga sulit belajar matematika. Namun, ibunya tak pernah menyebut ia bodoh.

"Karena saya anaknya bandel. Nggak bisa diem, naik sana, naik sini. Ke atas pohon jatuh, kepala bocor. Terus saya suruh melompat. Terus ditanya, dua tambah dua berapa? Saya jawab, 'Lima, Bu.' Karena nggak pinter matematika. Tapi nggak dibilang bodoh atau goblok banget gitu," ungkapnya.


Menurut Kak Seto, ibunya bisa memadukan beberapa aspek kognitif, kemampuan merasa, dan psikomotorik saat mengajarinya matematika. Maka, perlahan-lahan ia pun bisa matematika.

"Terus saya disuruh lompat dua kali lagi. Ditanya, dua tambah dua berapa? Empat. Jadi cara mengajar matematika itu kan gimana guru mengajar dengan cara yang menarik gitu. Mungkin dengan gerakan, nyanyi. Atau melempar bola. Jadi belajar matematika dengan memadukan kognitif (kemampuan berpikir) dan kemampuan merasa gembira dan psikomotorik. Akhirnya lama-lama saya bisa matematika," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3