Terdakwa Doddy Akui Transfer Rp 2 M untuk Urus Kuota Impor Bawang Putih

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 17:51 WIB
Sidang pemeriksaan terdakwa Doddy Wahyudi dalam kasus suap impor bawang putih (Faiq Hidayat/detikcom)



"Takutnya enggak kembali. Pak Zulfikar nekenin saya seperti itu. Biar fair kita bikin rekening bersama. Kan dibilangnya untuk dana operasional dan keseriusan, jadi biar tahu pemakaiannya untuk apa," ucap dia.

Menurut Doddy, Mirawati mempunyai kedekatan dengan Nyoman Dhamantra dan pernah mengurus kuota impor bawang putih. Sehingga Doddy diminta commitment fee Rp 3,5 miliar untuk kepengurusan impor bawang putih.

"Bu Mira sampaikan pernah mengurus kuota impor," jelas dia.

Pada akhirnya, Doddy mengatakan mengirimkan uang sebesar Rp 2 miliar ke rekening money changer PT Indocev atas perintah Mirawati. Namun uang sisa Rp 1,5 miliar masih disimpan Doddy dan Zulfikar.


"Waktu itu Bu Mira sampaikan ini nanti ditransfer ke orang saya. Ini orang kita kasir money changer," kata Doddy.

Dalam perkara ini, Direktur PT Cahaya Sakti Agro (CSA) Chandry Suanda alias Afung didakwa memberikan uang Rp 3,5 miliar kepada I Nyoman Dhamantra saat menjabat anggota DPR. Uang tersebut diduga agar Dhamantra membantu pihaknya mengurus kuota impor bawang putih di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Afung didakwa melakukan hal itu bersama-sama Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Doddy Wahyudi dan Zulfikar selaku wiraswasta. Dhamantra diduga menerima uang tersebut secara bertahap dari para terdakwa.
(fai/jbr)