Polda Metro Luncurkan Satpam Mantap-Help Renakta, Ini Fungsinya

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 15:25 WIB
Peluncuran Satpam Mantap-Help Renakta di Polda Metro (Lamhot Aritonang/detikcom)
Peluncuran Satpam Mantap-Help Renakta di Polda Metro (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya baru saja meluncurkan 3 aplikasi yang diperuntukkan untuk pelayanan publik. Tiga aplikasi itu ialah e-Drives, Satpam Mantap, dan Help Renakta.

"Polda Metro Jaya akan meluncurkan inovasi pelayanan publik, mengingat permasalahan di Jakarta, pesatnya pembangunan di Jakarta memberikan dampak positif dan negatif. Polisi harus mengantisipasi dampak negatif dengan munculnya gangguan keamanan," ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy di Polda Metro Jaya, Kamis (5/12/2019).

Apa saja fungsi ketiga aplikasi itu?

1. E-Drives

Gatot menjelaskan, aplikasi ini bertujuan memudahkan seseorang saat ujian untuk pembuatan SIM. Pihaknya ingin mengubah cara pengujian SIM yang konvensional menjadi modern.

"Ini yang terbaru namanya e-Drives. ini bagaimana kita mengubah cara-cara pengujian SIM yang dulu konvensional dan kita lakukan dengan elektronik," kata Gatot.


Selain itu, aplikasi ini diluncurkan untuk mengurangi perilaku koruptif para anggota yang mencoba membantu meloloskan masyarakat yang hendak membuat SIM dan meminta imbalan. Sistem di e-Drives ini akan bekerja secara otomatis saat menilai ujian praktik SIM.

"Nanti kendaraan roda 2, roda 4, yang menentukan kelulusan bukan secara manual, tetapi komputer. Nanti ada sensor-sensor kalau dia melewati sensor itu akan diulang. Ini meminimalisir perilaku anggota kita kalau ada temanya yang gagal nanti akan diluluskan. Ke depannya nggak bisa lagi karena yang menentukan komputer," tuturnya.

Aplikasi ini, kata Gatot, diadopsi pihaknya dari negara luar. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf disebutnya sempat pergi ke negara Georgia untuk mempelajari aplikasi itu dan menerapkannya di Polda Metro Jaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2