BPRD DKI Gandeng KPK Sidak Penunggak Pajak Bangunan-Mobil Mewah di Jakut

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 12:17 WIB
Foto: Wakil Kepala BPRD DKI Jakarta, Yuandi Bayak Miko. (Alfons-detikcom)
Jakarta - Badan Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap penunggak pajak di sejumlah lokasi di Jakarta Utara. Ada sekitar 6 lokasi mulai dari restoran hingga rumah pemilik mobil mewah yang akan disidak.

Sidak terkait tunggakan PKB, PBB, dan BPHTB ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, mulai pukul 11.37 WIB, Kamis (5/12/2019). Wakil Kepala BPRD DKI Jakarta, Yuandi Bayak Miko mengatakan sidak ini akan dilaksanakan secara door to door.

"Mendatangi langsung objek pajak terutama objek pajak PKB, objek pajak PBB, BPHTB, dan objek pajak yang sifatnya self accessment. Mudah-mudahan hari ini kita bisa lakukan sesuai dengan rencana sehingga penerimaan bisa kita lakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kami sangat berharap, kita di-support penuh oleh Korsubgah KPK," kata Yuandi.


Yuandi mengatakan sejauh ini ada 2.300 objek PBB yang menunggak dengan nilai Rp 70 miliar sementara untuk objek KBM mewah sebanyak 170 dengan nilai Rp 5,4 miliar. Menurutnya, wilayah Penjaringan memiliki potensi tunggakan tertinggi.

"Relatif itu Utara Penjaringan potensi penunggakannya tinggi dan potensi pajaknya cukup tinggi juga sehingga kita mulai utara ini di Kecamatan Pejaringan," ucapnya.


Sementara itu, Koordinator Supervisi Pencegahan Wilayah III KPK, Friesmount Wongso membenarkan KPK sebagai pihak supervisi BPRD DKI. Friesmount mengatakan KPK akan membantu mengoptimalkan pendapatan daerah dari segi apapun termasuk pajak.

"Mendampingi kebetulan wilayah DKI dalam rangka peningkatan optimalisasi penerimaan daerah, ini kita men-trigger pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan dari segi apapun termasuk pajak-pajak restoran, hotel termasuk pajak kendaraan bermotor," ujarnya.




Tonton juga video Mengenal Kecanggihan Mobil Menteri Jokowi Seharga Rp 1,5 Miliar:

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idh)