Aksinya Terekam CCTV Kafe di Jaktim, Pencuri Gasak HP-Mesin Kasir

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 17:53 WIB
Foto: Lokasi pencurian di Jaktim (Sachril/detikcom)
Jakarta - Beredar video CCTV di media sosial yang memperlihatkan pencurian di sebuah kafe di Jakarta Timur. Dari CCTV yang beredar, wajah pelaku pencurian ini terlihat jelas.

Dalam postingan itu, dijelaskan bahwa pencurian itu terjadi di Kopi Lain Hati Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Karyawan Kopi Lain Hati, Pondok Kelapa, Arief Maulana, membenarkan pencurian itu.


Dia mengatakan, pencurian itu terjadi Jumat (29/11) lalu sekitar pukul 04.00 WIB. Mesin kasir, 1 handphone, 1 tablet, dan 1 kamera CCTV.

"Kita punya 2 CCTV, 1-nya itu hilang dicabut. Sepertinya dia sadar ada CCTV, makanya diambil," kata Arief, di Kopi Lain Hati Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Minggu (1/12/2019).

Dia menjelaskan, pelaku membobol gembok rolling door saat menjalankan aksinya. Lalu pintu toko, dicongkel.

"Jadi yang pertama kali tau ada pencurian itu Fitriah Nur Afni, karyawan sini. Jadi pas dia datang, rolling door sudah terbuka sedikit dan gemboknya, sudah tidak ada. Nah pas dibuka rolling door, ternyata pintu kaca dijebol, ada bekas congkelan. Dilihat, tempat menaruh botol sirup-sirup berantakan atau berjatuhan," ujar dia.
Aksinya Terekam CCTV Cafe di Jaktim, Pencuri Gasak HP-Mesin KasirFoto: Lokasi pencurian di Jaktim (Sachril/detikcom)

Arief pun menduga, pelaku berjumlah 2 orang. Satu pelaku menjalankan aksinya, sementara sisanya, berada di luar untuk memantau situasi.



Tonton juga Kompak Lakukan Pencurian Emas, Sekeluarga Asal Semarang Dibekuk! :




Dia pun menduga kafe tempat ia bekerja telah dipantau. Sebab, lanjutnya, pencurian ini adalah yang kedua kalinya terjadi.

"Sebelumnya ada pencurian juga, tapi hanya rantai untuk parkiran yang diambil. Kalau pencurian ini kerugian ditafsir sekitar Rp 5 juta," ungkapnya.


Untuk kasus pencurian ini, kata Arief, telah dilaporkan ke polisi. Dia mengatakan, polisi masih menindaklanjuti kasus ini.
Aksinya Terekam CCTV Cafe di Jaktim, Pencuri Gasak HP-Mesin KasirFoto: Pelaku pencurian di Kafe Jaktim (dok. Istimewa)

Terpisah, Kapolsek Duren Sawit Kompol Agus Sumarno mengatakan, kasus ini masih dalam penyelidikan. "Saya cek dulu," ujar Agus.

Sementara itu dari rekaman CCTV yang diperoleh, wajah pelaku terlihat jelas. Terlihat, pelaku ini memakai topi, sweater, dan celana panjang.

Wajah pelaku, tampak sedikit tirus, berbadan kurus, dan berumur berkisar 30-35 tahun. (fdu/fdu)