Menghitung Jumlah Penggowes di Jalur Sepeda Depan Sarinah

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 13:30 WIB
Jalur sepeda di Jl MH Thamrin (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta - Jalan MH Thamrin adalah jalur yang kerap dilanda macet oleh kendaraan bermotor. Kini ruas jalan untuk kendaraan bermotor sudah dikurangi untuk jalur sepeda. Namun berapa banyak sepeda yang menggunakan jalur ini?

Berdasarkan pantauan di depan Jl MH Thamrin arah Monas, tepatnya depan Sarinah, Minggu (1/12/2019), jalur sepeda di sini dibatasi oleh kerucut oranye dan tali.



Mulai pukul 10.55 WIB hingga 11.45 WIB, ada 14 sepeda yang lewat. Di antara mereka terlihat mengenakan setelan olahraga. Beberapa saat sebelumnya memang ada kegiatan Car Free Day (CFD) di sini.

Namun selain penggowes sepeda, ada pula kendaraan bermotor yang menggunakan jalur sepeda. Tercatat tiga sepeda motor melewati jalur sepeda, dua di antaranya membawa barang. Ada pula pedagang kaki lima yang melintas.

Tak semua penggowes sepeda menggunakan jalur sepeda. Lima pesepeda memilih menempuh jalur umum (non-jalur sepeda) dan trotoar. Lalu lintas memang sedang tidak macet.

Menghitung Jumlah Penggowes di Jalur Sepeda Depan SarinahFoto: Jalur sepeda di Jl MH Thamrin (Kadek Melda Luxiana/detikcom)


Soal jalur sepeda di Jakarta, Gubernur Anies Baswedan bercerita pernah menemukan tulisan menarik pada kaus pesepeda. Tulisan itu seperti menegaskan pengendara sebenarnya tidak terjebak kemacetan.



"Saya pernah suatu seketika bersepeda bersama-sama dengan beberapa teman, lalu ada satu orang pesepeda menggunakan kaos. Kaos itu di belakang ada tulisan besar. Kalimatnya begini, 'Anda terjebak macet? Bukan, Anda bikin macet'. Jadi dia ngirim pesan bukan terjebak macet, sesungguhnya kita sama-sama buat macet," ujar Anies dalam sambutannya di acara Gowes dan Olahraga di Polda Metro Jaya, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11) kemarin.

Menghitung Jumlah Penggowes di Jalur Sepeda Depan SarinahFoto: Jalur sepeda di Jl MH Thamrin (Kadek Melda Luxiana/detikcom)


Simak Video "Waduh! Masih Banyak Pemotor Lewat Jalur Sepeda"

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/fdu)