detikNews
2019/11/29 20:35:03 WIB

Round-Up

'Khilafah Islamiyah' Terang Benderang Versi FPI

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Khilafah Islamiyah Terang Benderang Versi FPI Ilustrasi FPI (Foto: Rengga Sancaya-detikcom)
Jakarta - Front Pembela Islam (FPI) memberi penjelasan soal 'khilafah Islamiyah' dalam AD/ART mereka yang disorot Mendagri Tito Karnavian. Menurut FPI persoalan 'khilafah Islamiyah' sudah terang benderang.

Tito Karnavian menyoroti 'khilafah Islamiyah' yang ada dalam AD/ART FPI dalam raker bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Tito tetap menyoroti istilah 'khilafah Islamiyah' meski FPI sudah membuat surat ikrar setia Pancasila-NKRI di atas materai.

"Mengenai masalah ormas terkait FPI, ini masih pada kajian di Kementerian Agama. Betul rekan-rekan dari FPI sudah buat surat di atas meterai mengenai kesetiaan atau pernyataan terhadap negara dan Pancasila. Tapi problemnya di AD/ART," kata Tito dalam rapat bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).



"Di AD/ART itu di sana disampaikan tadi juga sudah dibacakan Pak Junimart bahwa visi dan misi organisasi FPI adalah penerapan Islam secara kafah di bawah naungan khilafah Islamiyah melalui pelaksanaan dakwah, penegakan hisbah dan pengawalan jihad. Ini yang sedang didalami lagi oleh Kementerian Agama karena ada pertanyaan yang muncul, karena ini ada kabur-kabur bahasanya," ucap Tito.

Menanggapi itu, Ketum FPI Sobri Lubis menilai penjelasan 'khilafah Islamiyah dalam AD/ART sudah terang benderang.

"Sudah terang benderang," ujar Sobri kepada wartawan, Jumat (29/11/2019).


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com