BPPT Dukung Jokowi Ganti Eselon III-IV: Peran AI Bisa Cegah Korupsi

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 16:07 WIB
Kepala BPPT Hammam Riza  (Dok BPPT)
Kepala BPPT Hammam Riza (Dok BPPT)
Jakarta - Presiden Jokowi hendak mengganti PNS eselon III dan IV dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Kecerdasan buatan dinilai bakal mencegah korupsi.

"Saya yakin peran AI nantinya membantu birokrasi, misalnya e-planning, e-budgeting, keuangan daerah yang cerdas, sehingga dapat mencegah korupsi," ujar Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza di Jakarta, dilansir detikcom dari keterangan pers tertulis, Jumat (29/11/2019).



Hammam mendukung penuh rencana Jokowi untuk mengganti PNS eselon III dan IV dengan AI. Itu demi reformasi birokrasi yang lebih baik. Namun dia meluruskan, AI yang dimaksud Jokowi bukan robot.

"Wacana penghapusan eselon III dan IV yang mau diganti dengan robot atau AI, saya kira bukan itu maksud Presiden," ujarnya.



Sebelum merealisasikan rencana itu, Hammam menilai Indonesia perlu menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk AI itu. Undang Undang Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi perlu menjadi pedoman.

"Yang perlu disiapkan adalah ekosistem AI yang didukung oleh berbagai stakeholder," kata dia.


Simak Video "Cegah Korupsi, Menko Polhukam-Jaksa Agung Sepakat Bubarkan TP4"

Selanjutnya
Halaman
1 2