Laporkan Sukmawati atas Dugaan Penistaan, Ratih Dicecar 19 Pertanyaan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 23:01 WIB
Ratih Puspa Nusanti (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Ratih Puspa Nusanti dicecar 19 pertanyaan oleh penyidik terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri. Ratih mengatakan sempat ditanya soal korban penistaan hingga pasal yang membuktikan perbuatan Sukmawati.

"Pertanyaannya itu ada 19, tapi kalau pertanyaan satu per satu nggak mungkin saya sampaikan tapi intinya sekitaran siapa sih yang jadi korban, umat islam, terus saya mulai tahu di mana, pertanyaan sekitar itu," kata Ratih kepada wartawan setelah pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).


"Lalu perkembangan lain pasal yang mengikat pasal mana, pasal 156a, nah itu sih yang paling utama, ya sekitaran itu aja, siapa korbannya, maksudnya tempat locus delicti-nya di mana, kejadian di mana, berbicara di mana, isinya apa, durasi berapa lama, ya itu aja," sambungnya.

Ratih diperiksa di Reskrimum Polda Metro Jaya sejak pukul 14.30 WIB. Ratih mengungkap Sukmawati sengaja membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Sukarno. Dia juga menyebut upaya membandingkan ini juga pernah dilakukan sebelumnya.

"Jadi saya bilang itu terkesan sengaja gitu loh, karena sebelumnya dia sudah (pernah) membandingkan hal yang sensitif ya, kemudian dia sebut lagi membanding bandingkannya pada saat itu, jadi tahun lalu sama yang kemarin, tapi dia (kemarin) sebagai narasumber ya jadi sudah dipersiapkan gitu sebelumnya dari rumah," ucapnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2