detikNews
2019/11/28 16:03:19 WIB

Awal Presiden Dipilih Rakyat: Dicetuskan di Era Gus Dur, Diteken Mega

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Awal Presiden Dipilih Rakyat: Dicetuskan di Era Gus Dur, Diteken Mega Foto: Ilustrasi gedung MPR/DPR (Lamhot aritonang)
Jakarta - Penerapan sistem Pemilihan Presiden (Pilpres) langsung mulai dipertanyakan lagi. Muncul usul agar Pilpres tidak dipilih langsung oleh rakyat, melainkan oleh MPR. Bagaimana awal mula pilpres langsung mulai berlaku?

Sebagaimana diketahui, sistem pilpres langsung pertama dirintis dan disetujui pada masa kepemimpinan Presiden Ke-5 Ri, Megawati Sukarnoputri. Hal ini tertuang dalam UU No 23 Tahun 2003 Tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Namun, sebelum UU diteken oleh Megawati, usul soal pilpres langsung beberapa kali digulirkan. Sebagaimana dicatat oleh Greg Barton dalam buku 'Abdurrahman Wahid: Muslim Democrat, Indonesian President', wacana soal pilpres langsung pernah dicetuskan oleh Presiden Keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur).


Usul itu dilontarkan Gus Dur saat sedang berseteru dengan DPR dan MPR pada tahun 2001. Gus Dur saat itu, mengusulkan agar dilakukan pemilu ulang sekaligus pilpres langsung oleh rakyat yang pertama. Namun, mengutip buku tersebut, ketika itu usul soal pilpres langsung hanya gertakan untuk DPR dan MPR. Karena, pada saat itu, Gus Dur juga kehilangan dukungan dari Polri dan TNI.


Simak Video "Megawati Minta Sekolah Aktif Ajarkan Penanganan Bencana"



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com