Round-Up

Urusan 212 di Tengah Politik Stabil RI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 07:01 WIB
Ilustrasi (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bicara soal stabilitas politik nasional di forum Asosiasi Pemerintah Propinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Tito mengatakan Malaysia memuji kondisi politik di Indonesia selepas Pilpres 2019.

Dia mengatakan kondisi di Indonesia lebih stabil setelah kubu 01 yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan kubu 02 yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno rekonsiliasi. Namun, Tito mengungkapkan ada urusan 212 yang terkait dengan stabilitas politik Indonesia.

"Dalam pandangan Malaysia kemarin saya ketemu dengan banyak tokoh di sana, langkah politik Indonesia stabil sekarang, terutama semenjak gabungin 01 sama 02, tinggal urusannya 212 aja," kata Tito dalam sambutannya di acara Munas APPSI VI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).


Mendagri Tito KarnavianMendagri Tito Karnavian (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)

Tito mengatakan pandangan negara lain kondisi politik di Indonesia sudah stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan membuat investor yakin berbisnis di Indonesia.

Dia mengatakan dalam kunjungan ke Malaysia, pengusaha dari Negeri Jiran itu malah banyak ingin berinvestasi di Indonesia. Mereka mengatakan politik di Malaysia sedang tidak stabil karena ada tarik-menarik antara kelompok oposisi dan pemerintah.

"Saya tanya kenapa dia mendekati kita, mau dikasih Indonesia, kenapa nggak di Malaysia aja? 'Ah payah politik masih nggak stabil nih nanti yang menang siapa kita nggak ngerti ini,' gitu," ujarnya.


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2