Janji Bantu Suara ke Caleg, Anggota KIP Aceh Tengah Disidang DKPP

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 14:19 WIB
ilustrasi surat suara (Foto: Pradita Utama-detik)
Banda Aceh - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan terhadap anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah Mukhlis. Mukhlis diduga menjanjikan membantu seorang Caleg.

"Mukhlis diadukan oleh calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Erwinsyah. Mukhlis diadukan karena diduga telah menjanjikan akan membantu perolehan suara Erwinsyah pada Pemilu 2019," kata Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno, kepada wartawan, Senin (25/11/2019).

Dalam aduan bernomor 318-PKE-DKPP/X/2019, Erwinsyah ikut melampirkan sejumlah alat bukti berupa screenshot percakapan melalui WhatsApp dan fotocopy struk transfer uang. Sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) terhadap Mukhlis digelar pada Selasa (26/11) besok di Kantor Panwaslih Aceh di Kota Banda Aceh.




Selain menyidangkan Mukhlis, DKPP juga akan menggelar sidang pemeriksaan terhadap Ketua KIP Kabupaten Aceh Tengah, Yunadi HR. Dia diadukan oleh tiga anggota Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah, yaitu Vendio Ellafdi (Anggota merangkap Ketua), Maryeni dan Darmawan Putra.

Dalam aduan bernomor 313-PKE-DKPP/X/2019, Yunadi diduga mengeluarkan kata-kata tidak pantas saat menjawab pertanyaan dari Anggota Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah, Maryeni. Dalam perkara ini, Maryeni berstatus sebagai Pengadu II.

Menurut Bernad, Maryeni saat itu bertanya perihal Keputusan Penetapan Kursi dan Keputusan Penetapan Calon Terpilih tidak ada diserahkan ke Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah. Pertanyaan itu dilontarkan usai diadakannya rapat pleno penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Aceh Tengah pada tanggal 14 Agustus 2019.

"Pertanyaan tersebut dilontarkan Maryeni beberapa jam usai kegiatan melalui pesan singkat dalam grup WhatsApp," jelas Bernad.

Selanjutnya
Halaman
1 2