Hari Guru Nasional

Lebih Mudah Jadi Dokter Ketimbang Guru di Finlandia, Ini Alasannya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 12:19 WIB
Foto: Ilustrasi aktivitas belajar mengajar di Finlandia (Olivier Morin/AFP/Getty Image)

Sebelumnya, dalam peringatan Hari Guru Nasional, Mendikbud Nadiem Makariem berbicara tentang pergerakan guru. Guru inilah yang dianggap sebagai faktor penting dalam proses reformasi pendidikan.

"Hari Guru Nasional ini suatu hari yang sangat bermakna karena nggak ada artinya apa pun reformasi pendidikan tanpa pergerakan guru. Guru adalah mulainya dan akhirnya itu ada di guru. Itu yang sebenarnya esensi daripada pidato hari ini gitu. Ada dua sih poin yang penting. Satu adalah mereka belajar dan yang kedua adalah guru penggerak," kata Nadiem di Kemdikbud, di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).


Nadiem juga mengatakan setiap guru harus menjadi penggerak dalam dunia pendidikan. Selain itu, kata dia, guru harus belajar berinovasi dalam mengajar.

"Melakukan berbagai macam inovasi dan nggak semua inovasi itu harus sukses, itu namanya kuncinya inovasi. Dan banyak dari inovasi yang kita coba, kita eksperimen mungkin nggak terlalu berhasil. Tapi kita terus mencoba agar kita mengetahui apa yang pas untuk sekolah kita, untuk lingkungan kita," tuturnya.
(dnu/tor)