Ada 431 Ribuan Ormas di RI, Kemendagri Harap Semua Ormas Taat Pancasila

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 11:35 WIB
Foto: Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo (Jefrie-detikcom)
Foto: Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo (Jefrie-detikcom)
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan kegiatan ' Penganugerahan Penghargaan Ormas Tahun 2019' pagi tadi. Sekertaris Jendral (Sekjen) Kemendagri menyampaikan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) sebagai wadah aspirasi dan kepentingan masyarakat yang diharapkan tidak bertentangan Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

"Kita harapkan bahwa ormas dapat memupuk tentang dasar dafi pada pendirian ormas itu yang tentunya tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang dasar 45 karena ini merupakan landasan dan dasar negara," kata Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di Hotel Kartika Chandra, Jalan Jendral Gatot Subroto, Karet, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).



Hadi juga mempersilahkan Ormas memiliki memiliki ciri khas dan profesionalitas. Namun dia kembali menekankan dalam mencapai tujuannya, Ormas diharapkan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Kedua, silahkan mempunyai ciri namun tidak bertentangan dengan pancasila dan UUD 45. Ketiga, harus secara profesional dan proporsional untuk mencapai tujuannya agar lebih berkualitas di dalam melaksanakan kinerjanya maupun dalam mencapai tujuan dari pada organisasi sendiri," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2