Populer Pekan Ini: Kontroversi Sukmawati Bandingkan Nabi dan Sukarno

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 11:14 WIB
Sukmawati Soekarnoputri angkat bicara soal ucapan seolah membandingkan Nabi Muhammad dengan Ir Sukarno. (Foto: Johan 20detik)

4. Kemenag dan Wapres Ma'ruf Amin Angkat Bicara

Pemerintah, yang diwakili Kementerian Agama (Kemenag) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin turut angkat bicara atas pernyataan Sukmawati. Wakil Menag Zainut Tauhid mengimbau semua pihak agar menahan diri.

"Ya negara kita negara hukum, saya kira sah-sah saja kalau masyarakat mengadukan hal tersebut kepada mekanisme hukum. Tapi kami mengimbau bahwa yang penting tidak perlu sampai terjadi kegaduhan, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Tetap kita harus menahan diri. Silakan proses hukum dilaksanakan," kata Zainut di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (18/11).


Sedangkan Ma'ruf meminta mediasi dikedepankan dalam menyikapi pernyataan Sukmawati. Ma'ruf, yang juga Ketum MUI nonaktif, mengatakan tidak semua masalah harus diselesaikan lewat pengadilan. Dia juga mendorong kebesaran hati Sukmawati untuk meminta maaf jika memang salah.

"Membandingkan Nabi Muhammad dengan Sukarno itu tidak sebanding, tidak tepat. Penyelesaiannya sebaiknya kalau bisa dimediasi itu lebih bagus supaya kita tidak terus berhadap-hadapan," kata Ma'ruf di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7