Populer Pekan Ini: Kontroversi Sukmawati Bandingkan Nabi dan Sukarno

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 11:14 WIB
Sukmawati Soekarnoputri angkat bicara soal ucapan seolah membandingkan Nabi Muhammad dengan Ir Sukarno. (Foto: Johan 20detik)
Sukmawati Soekarnoputri angkat bicara soal ucapan seolah membandingkan Nabi Muhammad dengan Ir Sukarno. (Foto: Johan 20detik)
Jakarta - Nama Sukmawati Soekarnoputri ramai dibahas pekan ini. Sebab musababnya, Sukmawati melontarkan ucapan seolah membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan ayahnya Presiden ke-1 Sukarno yang berujung laporan di kepolisian.

Adapun ucapan Sukmawati itu dilontarkan pada saat dirinya menghadiri sebuah diskusi bertajuk 'Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme' pada Senin (11/11). Dalam diskusi itu, awalnya Sukmawati berbicara tentang perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan RI dari jajahan Belanda. Kegiatan itu sendiri dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. Sukmawati kemudian melontarkan pertanyaan kepada forum.


"Sekarang saya mau tanya semua, yang berjuang di abad 20 itu Yang Mulia Nabi Muhammad apa Ir Sukarno, untuk kemerdekaan? Saya minta jawaban, silakan siapa yang mau jawab berdiri, jawab pertanyaan Ibu ini," tanya Sukmawati seperti dilihat detikcom dalam video yang viral.

Akibat ucapannya, sejumlah kelompok melaporkan Sukmawati. Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun sampai angkat bicara.

Terlepas dari laporan-laporan yang masuk ke kepolisian, Sukmawati menolak meminta maaf karena ucapannya. Sukmawati memiliki pembelaan.

Berikut perjalanan kasus ucapan Sukmawati yang membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Sukarno:
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7