Kemenhub Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari KIP

Kemenhub Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari KIP

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 17:28 WIB
Foto: Dok Kemenhub
Foto: Dok Kemenhub
Jakarta - Kementerian Perhubungan meraih kategori informatif dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2019 yang diselenggarakan Komisi Informasi Publik.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Maaruf Amin kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di istana Wakil Presiden dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2019.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan atas capaian tersebut pihaknya bersyukur dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan atas penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah Kementerian Perhubungan berhasil meraih kategori tertinggi yaitu kategori informatif, ini merupakan suatu peningkatan yang di mana tahun lalu Kementerian Perhubungan masih di kategori menuju informatif. Saya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh elemen yang ada di Kementerian Perhubungan atas capaian ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, (21/11/2019).

Diketahui naiknya predikat Kemenhub dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik ini antara lain karena faktor pengembangan sistem IT (informasi dan teknologi), penyebaran informasi terkait kebijakan, program-program strategis, serta fasilitas pelayanan pengaduan masyarakat.

"Dengan itu masyarakat dapat mengakses langsung sistem informasi dan layanan yang dapat menampung aspirasi dan keluhan masyarakat," kata Menhub Budi.

Lebih lanjut Budi berharap, penghargaan tersebut dapat dijadikan pemicu semangat jajaran Kemenhub untuk terus dapat memberikan layanan informasi yang lebih baik lagi kepada masyarakat kedepannya.


Sebagai informasi, selain Kemenhub terdapat 10 Kementerian yang juga berhasil meraih kategori informatif berikut di antaranya:

1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
2. Kementerian Kelautan dan Perikanan
3. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
4. Kementerian Keuangan
5. Kementerian Pertanian
6. Kementerian Dalam Negeri
7. Kementerian Komunikasi dan Informatika
8. Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat
9. Kementerian Perhubungan
10. Kementerian Riset dan Teknologi
11. Kementerian Kesehatan


Tonton juga Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir :


[Gambas:Video 20detik]




(ega/ega)