detikNews
2019/11/15 21:33:39 WIB

Round-Up

Cerita Turunnya Kemacetan Dibanggakan Anies Baswedan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Cerita Turunnya Kemacetan Dibanggakan Anies Baswedan Foto ilustrasi: Gubernur Anies Baswedan melihat jalan protokol di Jakarta (Rahel/detikcom)
Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan membanggakan penurunan kemacetan Ibu Kota. Catatan soal kondisi lalu lintas Jakarta itu kemudian mendapat reaksi beragam dari para politikus.

Anies memamerkan capaiannya dalam dua tahun kepemimpinannya. Kemacetan Jakarta disebutnya turun dari peringkat 4 menjadi peringkat 7 kota termacet di dunia.



"Alhamdulillah Jakarta turun tingkat kemacetannya pindah 300 ribu orang per hari dalam tahun ini. Sekarang Jakarta itu dulu tingkat kemacetan nomor 4 di dunia. Alhamdulillah dalam waktu 1 tahun turun Jadi nomor 7 di dunia. Insyaallah keluar dari 10 besar," kata Anies saat memberi sambutan dalam acara Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11) kemarin.

Anies kemudian menyebut pada 2017 jumlah pengguna angkutan umum di Jakarta sekitar 340 ribu orang per hari. Jumlah itu kemudian disebutnya naik pada tahun-tahun berikutnya setelah Pemprov DKI yang dipimpinnya mulai menjalankan integrasi antarmoda.



"Dalam 2 tahun meningkat jadi 655 ribu orang per hari. Jadi kalo per tahun Insyaallah, per tahun dari 145 juta, Insyaallah akan meningkat jadi lebih dari 270 juta penumpang per tahun," ucap Anies.

Para politikus di Kebon Sirih bereaksi. Ada yang setuju, ada yang tidak.

Cerita Turunnya Kemacetan Dibanggakan Anies Baswedan Anies Baswedan (Pradita Utama/detikcom)



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com