Round-Up

Dilema Skuter Listrik: Dilarang di Jalan Raya, Ditolak di Trotoar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 08:05 WIB
Foto:Ilustrasi skuter listrik ( Lamhot Aritonang)

Salah satu masukan Kemenhub yakni perlunya pembatasan usia pengguna e-skuter. Termasuk aturan mengenai spesifikasi skuter listrik itu sendiri.

Budi juga menyampaikan saran untuk ada aturan mengenai pembatasan wilayah yang bisa dilalui skuter listrik. Budi menyarankan skuter listrik hanya bisa melintas di jalur sepeda.

"Tidak boleh di trotoar dan tidak boleh juga di JPO," sebutnya.



Budi sendiri menilai skuter listrik sangat mendukung penggunaan transportasi umum. Sehingga, warga tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi, karena bisa menggunakan skuter untuk melanjutkan perjalanan selepas menggunakan angkutan umum.

"Orang mau menggunakan transportasi umum bisa menggunakan ini, jadi sebagai feeder dari awal poin pergerakan masyarakat untuk simpul hingga sampai ke kantor-kantor," kata Budi.

Namun, dia menilai masyarakat malah menggunakan skuter listrik untuk bermain. Menurutnya, hal inilah yang membutuhkan pengawasan ketat.

"Tapi memang, pada praktiknya banyak digunakan oleh masyarakat kita untuk main-main. Ini menjadi butuh pengawasan ketat untuk semuanya," ujarnya.



Simak Video "Bijak Mengendarai Skuter Listrik"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(mei/mei)