detikNews
2019/11/15 08:05:49 WIB

Round-Up

Dilema Skuter Listrik: Dilarang di Jalan Raya, Ditolak di Trotoar

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Dilema Skuter Listrik: Dilarang di Jalan Raya, Ditolak di Trotoar Foto:Ilustrasi skuter listrik ( Lamhot Aritonang)
Jakarta - Keberadaan skuter listrik menjadi dilema. Pascainsiden kecelakaan 2 pemakai GrabWheels, skuter listrik bakal dilarang mengaspal di jalan raya. Sementara keberadaan skuter listrik di trotoar juga ditolak oleh pejalan kaki.

Fenomena maraknya skuter listrik ini menjadi pembahasan serius aparat polisi. Pembahasan lebih mendalam soal regulasi hingga ketentuan skuter listrik akan dibawa dalam forum bersama instansi terkait.

"Kita dengan stakeholder terkait dulu, karena regulasi dulu yang kita godok," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (14/11/2019).

Salah satu hal yang akan dibahas yakni status kendaraannya sendiri, apakah termasuk kategori sebagai kendaraan bermotor atau tidak bermotor, kendati dia menggunakan tenaga listrik. Hal ini akan dibahas oleh Korlantas Polri dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Selain itu, pihak-pihak juga akan membahas ketentuan jalur yang dapat dilintasi oleh skuter listrik. Hal ini mengingat pengguna skuter listrik termasuk salah satu yang rentan kecelakaan, sama halnya dengan pesepeda, pejalan kaki dan lansia.

Pihak kepolisian juga akan membahas segi keamanan dari penggunaan skuter listrik ini. Pengguna perlu melengkapi diri dengan peralatan safety seperti helm, decker hingga lampu untuk pada malam hari.

Sementara itu, Fahri mengimbau agar skuter listrik tak digunakan di jalan raya maupun di trotoar, melainkan di kawasan tertentu.

"Kami menghimbau semua, bukan anak kecil saja, pengendara otopet listrik jangan gunakan di jalan raya. Di ruas jalan bisa jadi korban, jadi trotoar dan ruas jalan saya imbau supaya tidak ada berada di sekitar situ, tapi bisa di kawasan tertentu seperti di GBK itu," tutur Fahri.







Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com