detikNews
2019/11/14 17:10:09 WIB

MUI Dukung Kursus Pranikah: Tapi Jangan Sampai Bikin Orang Takut Kawin

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 2
MUI Dukung Kursus Pranikah: Tapi Jangan Sampai Bikin Orang Takut Kawin Sekjen MUI Anwar Abbas (Rahel/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi gagasan Menko PMK Muhadjir Effendy yang akan mewajibkan sertifikat nikah bagi pasangan yang hendak menikah. Namun MUI meminta pemerintah memikirkan secara serius mengenai implementasi gagasan tersebut agar tidak terkesan membebani warga.

"Dari sisi idenya bagus, dari sisi implementasinya perlu dipikirkan sehingga tidak terkesan memberati dan membebani, oleh karena itu perlu dipikirkan sebaik-baiknya. Saya juga tidak ingin gara-gara itu nggak jadi kawin mereka," kata Sekjen MUI Anwar Abbas saat dihubungi, Kamis (14/11/2019).


Anwar tak ingin kebijakan sertifikat nikah ini membuat warga takut untuk melangsungkan pernikahan. Jangan sampai, menurut Anwar, si pria dan wanita tetap berhubungan walaupun tidak ada ikatan pernikahan.

"Jangan sampai terkesan sehingga membuat mereka takut, jangan sampai seperti itu. Susah ini. Akhirnya mereka nggak kawin. Tapi mereka berhubungan, kan gitu. Jangan sampai. Karena itu perlu dibicarakan dari cara yang paling bagus yang kira-kira membuat calon pengantin senang juga karena tahu," ujar dia.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com