detikNews
2019/11/14 14:44:15 WIB

Rakornas PKS Akan Tegaskan Sikap Oposisi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 1
Rakornas PKS Akan Tegaskan Sikap Oposisi Foto: Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Lisye-detikcom)
Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan ada dua yang dibahas dalam rakornas kali ini. Salah satunya soal penegasan sikap PKS sebagai oposisi.

"Secara umum ada 2, satu penegasan sikap umum PKS di luar pemerintahan, kalau bahasa saya kami oposisi, insyaallah akan ditegaskan. Yang kedua paparan program setahun ke depan," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Mardani mengatakan pembahasan kedua yakni soal paparan program PKS setahun ke depan. Seluruh DPW PKS dengan berbagai bidang diundang dalam rakornas ini.


Kembali soal oposisi, Mardani mengatakan sistem tata negara di Indonesia memang tidak mengenal istilah oposisi. Sehingga, jadi pertanyaan sejumlah kader.

"Secara umum tata negara kita tidak mengenal oposisi, sehingga wajar kalau ada kader yang menyatakan kita kekuatan penyeimbang. Jadi mungkin Pak Iman (Presiden PKS Sohibul Iman) tetap akan menyebut kekuatan penyeimbang. Secara hakikatnya bahasa saya, oposisi," ujarnya.


Mardani menuturkan PKS tidak dalam posisi aktif mengajak partai lain untuk ikut jadi oposisi. Namun, PKS tetap dalam posisi tangan terbuka menyambut jika yang ingin bergabung jadi oposisi

"Harapannya kami oposisi yang baik, yang kuat dan besar. Bukan yang kecil. Makanya dari awal saya katakan paling baik bahwa partai pendukung Prabowo-Sandi ada di luar pemerintahan. Pemerintah akan kuat kalau oposisi kuat," tuturnya.
(idh/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com