detikNews
2019/11/13 20:29:32 WIB

Round-Up

Jaksa Agung Pindah Haluan Penindakan ke Pencegahan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Jaksa Agung Pindah Haluan Penindakan ke Pencegahan Jaksa Agung ST Burhanuddin (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Sanitiar (ST) Burhanuddin menjadi Jaksa Agung karena tertarik dengan visi pencegahan korupsinya. Kini Burhanudin memindah haluan strategi penegakan hukum, dari yang semula berfokus ke penindakan menjadi bertitik berat ke pencegahan.

Harapan Jokowi terhadap Burhanudin sudah dikemukakan sehari setelah pelantikan Kabinet Indonesia Maju, termasuk pelantikan Burhanudin menjadi Jaksa Agung. Jokowi terpesona dengan konsep pencegahan yang dibawa eks Jaksa Agung Muda itu.


"Jaksa Agung juga saat bertemu dengan saya menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses perbaikan di internal dan juga pencegahan-pencegahan korupsi. Saya kira itu yang membuat saya tertarik," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (24/10) lalu.

Burhanuddin dianggap sebagai orang internal Kejaksaan yang mengerti seluk-beluk Korps Adhyaksa. Dengan pengenalan medan, perbaikan internal bisa lebih efektif dijalankan.


Tak berselang lama, Burhanuddin langsung 'merenovasi' program-program di Kejagung, salah satunya Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah, dan Pembangunan (TP4) atau yang biasa disebut jaksa pengawal pembangunan. Dia menyebut banyak kebocoran dalam program itu.

"Saya bicarakan dengan pakar, apa ini dibubarkan atau mungkin kita ganti bentuknya. Tentu dengan substansi yang tidak jauh. Pola pengawasan akan lebih kami tingkatkan," kata Burhanuddin dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III, gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Kamis (7/11) lalu.

TP4 memiliki cabang di daerah pada tingkat kejaksaan tinggi dengan nama TP4D. Tim itu sempat menjadi sorotan ketika KPK menangkap salah seorang anggota tim itu dalam operasi tangkap tangan (OTT).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com