DPRD DKI Heran Rencana Anies Tata PKL Tak Ada di Program Revitalisasi Trotoar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 15:42 WIB
Rapat KUA-PPAS di DPRD DKI (Arief/detikcom)


Hari berharap kajian ini bisa berubah menjadi dasar hukum sehingga ada penataan PKL di beberapa titik yang ditentukan.

"Mudah-mudahan kajian ini dengan diterapkan dengan peraturan gubernur. Kemudian, PKL yang okupasi di 1,5 sampai 2 meter tidak ada lagi, nantinya dibolehkan di 5,5 meter," ucap Hari.

Pernyataan Hari dianggap tidak konsisten oleh anggota Komisi D dari Fraksi Demokrat Ferrial Sofyan. Ferrial minta kejelasan apakah ada konsep penataan PKL di revitalisasi trotoar.

"Kita perlu pertimbangan apa yang Bapak sampaikan. Bahwa trotoar untuk pejalan kaki. Bapak sampaikan 5,5 masih memungkinkan kegiatan lain, antara lain PKL. Ini perlu kaji pernyataan bahwa, nawaitu-nya pejalan kaki, tapi sebagian space diberikan untuk PKL," ucap Ferrial.


Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal menjelaskan pembangunan trotoar mementingkan pejalan kaki. Kalaupun ada penataan PKL, hal itu bersifat kasuistik.

"Kita luruskan, jalan untuk pengendara, trotoar untuk pejalan kaki. Lebarnya memang kita desain untuk kenikmatan pejalan kaki. Nggak ada urusan lain-lain. Bahwa di aturan permen PU dimungkinkan ada, itu kondisional. Kita tidak mengarah ke situ dulu," ucap Yusmada.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3