detikNews
2019/11/10 17:28:36 WIB

Memahami Meme

Meme: Alat Satire yang Bisa Membawamu ke Kantor Polisi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Meme: Alat Satire yang Bisa Membawamu ke Kantor Polisi Foto: Ilustrasi media sosial (Thinkstock)
Jakarta - Meme adalah salah satu alat kritik yang bisa menciptakan satire politik. Namun, dalam praktiknya, tak jarang meme juga membuat seseorang harus berurusan dengan polisi.

Sebagaimana diketahui, istilah meme sendiri mulanya datang dari seorang ahli biologi, Richard Dawkins melalui bukunya yang berjudul 'Selfish Gene' (1976). Dawkins mendefinisikan meme sebagai unit pengirim pesan dan unit imitasi budaya yang beredar dari satu manusia ke manusia yang lain.


Ketika internet makin berkembang, istilah meme pun diadopsi untuk menyebut gambar-gambar yang diimitasi, diedit dan disebarkan.

Rendy Pahrun Wadipalapa dalam tulisan berjudul 'Meme Culture & Komedi-Satire Politik: Kontestasi Pemilihan Presiden dalam Media Baru', dijelaskan budaya meme di internet muncul berbarengan dengan semakin mudahnya akses internet.

Selain itu, menurutnya, budaya meme tak dapat dilihat sekedar sebagai seni, melainkan juga strategi virtual dalam satire politik, yang tak pernah mampu dikerjakan secara riil di duni nyata. Bahkan meme di internet lebih blak-blakan dalam menyampaikan kritiknya.

"Meme politik melepaskan diri dari apa yang secara formal diyakini sebagai budaya politik dan bahkan justru berupaya membalik kesopan-santunan dan segala protokol pesan politik. Kesopanan dibuang jauh dan diganti bukan saja oleh sesuatu yang serba terus-terang, tapi juga secara komedi memainkan ironi dan menghasilkan pesan yang satire," tulis Rendy.


Kendati demikian, meme yang disebarkan dengan pesan blak-blakan bukan tanpa resiko. Penyebar meme, bahkan kerapkali harus berurusan dengan polisi. Berikut ini beberapa kasus meme di Indonesia yang pernah ditangani oleh polisi:


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com