BNPB: Alat Peringatan Dini Tsunami di Lampung Jadi Korban Vandalisme

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 03 Nov 2019 02:49 WIB
Foto: Penampakan alat peringatan dini tsunami yang dirusak (Dok Istimewa)
Foto: Penampakan alat peringatan dini tsunami yang dirusak (Dok Istimewa)


Terakhir, Agus menuturkan Pusat Riset Kelautan - KKP berencana untuk memasang 4 tambahan IDSL yang berlokasi di Sumatera Barat (Sumbar), kompleks Gunung Anak Krakatau dan Lombok, NTB. Di Sumbar, alat ini akan ditempatkan di dua lokasi yaitu Teluk Bungus dan Mentawai. Rencananya teknologi ini juga akan diterapkan untuk jaringan pasang surut (pasut) BIG, sehingga mampu dimanfaatkan untuk peringatan dini tsunami.

"September lalu, Pusat Riset Kelautan KKP dan Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama BIG telah menandatangani kerja sama terkait upaya peningkatan kemampuan jaringan pasut BIG sebagai alat peringatan dini tsunami. BNPB dan semua pihak berharap IDSL dapat bermanfaat dan mendukung sistem peringatan dini tsunami lain yang telah terpasang," ucap Agus.

"Tentu, pada ujungnya masyarakat mampu terselamatkan secara cepat dari ancaman bahaya. Oleh karena itu, BNPB berharap semua pihak, khususnya masyarakat, untuk mengawasi dan memonitor peralatan yang telah dipasang di lapangan," sambung dia.
Halaman

(aud/fdu)