detikNews
2019/10/31 06:09:12 WIB

Kunjungi PKS, NasDem Dinilai Tak Happy dengan Kabinet Jokowi

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 3
Kunjungi PKS, NasDem Dinilai Tak Happy dengan Kabinet Jokowi Foto: Surya Paloh dan elite Partai NasDem (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengunjungi Presiden PKS Sohibul Iman. Safari politik ini dinilai pemerhati politik sebagai kode keras dari NasDem untuk Istana Kepresidenan, bahwa NasDem tak senang dengan masuknya Gerindra ke kabinet Joko Widodo (Jokowi).

Kunjungan Paloh ke markas PKS, Jl TB Simatupang, dilakukannya pada Rabu (30/10) petang kemarin. Mereka saling menghormati posisi politik masing-masing, PKS ada di luar pemerintahan, dan NasDem ada di dalam pemerintahan.



Peneliti departemen politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, melihat kunjungan Surya Paloh tak bisa dilepaskan dari konteks politik dewasa ini.

NasDem sebagai partai yang sedari awal mendukung Jokowi punya pandangan soal pentingnya 'oposisi' dalam demokrasi. Namun akhirnya, Partai Gerindra yang selama ini menjadi seteru Jokowi justru masuk ke koalisi pemerintahan. Partai Gerindra yang semula menjadi kubu oposisi kini sudah diberi dua kursi menteri.

"NasDem mengirimkan kode keras kepada partai-partai di koalisi dan Istana, bahwa NasDem tidak terlalu happy dengan proses pembentukan kabinet," kata Arya kepada wartawan, Kamis (31/10/2019).


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com