Besok, Mahasiswa Kembali Demo ke Istana Tuntut Perppu KPK

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 15:27 WIB
Ilustrasi (Luthfy Syahban/detikcom)

Tuntutan

Demo mahasiswa pada Hari Sumpah Pemuda besok membawa tuntutan. Ketua BEM UI, Manik, menjelaskan tuntutan demonstrasi adalah penerbitan Perppu pencabut UU KPK, dengan tuntutan tambahan meminta tanggung jawab negara terhadap korban meninggal demonstrasi di aksi demonstrasi pada 23 hingga 30 September 2019.

"Dan segera dibentuk tim independen yang bisa menyelesaikan dan menemukan fakta-fakta terkait masalah itu (demonstrasi yang merenggut korban jiwa)," kata Manik.



Ketua Dewan Mahasiswa UIN, Sultan, menjelaskan tuntutan demo besok. Pertama, mendesak Presiden mengeluarkan Perppu tentang UU KPK Nomor 19 Tahun 2019. Kedua, mengawal perppu yang dikeluarkan oleh Presiden sampai disetujui oleh DPR. Ketiga, mengusut tuntas secara transparan pelaku pembunuhan dan penganiayaan terhadap korban aksi reformasi dikorupsi.

Ada yang tak ikut

Tak semua mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi bakal ikut demonstrasi, Universitas Trisakti salah satunya. Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dheatantra Dimas, menjelaskan pihaknya bakal menggelar dialog di dalam kampus.



"Besok kami ingin menggelar dialog di dalam kampus tentang dorongan agar Perppu UU KPK terbit, juga membahas soal RUU yang bermasalah, dan tentang Sumpah Pemuda. Kami juga akan berdiskusi dengan teman-teman Universitas Halu Oleo dari Kendari yang akan datang ke Trisakti. Mereka akan menceritakan insiden demonstrasi yang merenggut dua korban jiwa di Kendari," tutur Dimas, memberikan keterangan secara terpisah.


Mahfud Md soal Perppu KPK: Belum Ada Arahan

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/imk)