detikNews
2019/10/14 17:37:36 WIB

Baca Eksepsi, Pengacara Kriss Hatta Nilai Dakwaan Jaksa Tak Jelas

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Baca Eksepsi, Pengacara Kriss Hatta Nilai Dakwaan Jaksa Tak Jelas Sidang lanjutan kasus penganiayaan Kriss Hatta, pengacara menilai dakwaan jaksa tidak jelas (Yulida/detikcom)
Jakarta - Krisdian Topo Khuhatta alias Kriss Hatta didakwa melakukan penganiayaan terhadap Anthony. Pengacara Kriss Hatta, Syuratman Usman menilai dakwaan jaksa tidak jelas.

"Surat dakwaan tidak jelas, tidak cermat, dan tidak lengkap," kata Syuratman, saat membacakan eksepsinya, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Syuratman menilai dakwaan jaksa tidak jelas karena di dalam dakwaan tidak disebutkan dengan jelas siapa yang dimaksud 'teman Anthony'. Ia mempertanyakan sosok teman Anthony yang dimaksud, padahal 'teman Anthony' sering disebut-sebut dalam dakwaan.
"Faktanya jaksa hanya menyebutkan dalam dakwaannya dengan sebutan teman Saudara Anthony, sehingga mengakibatkan ketidakjelasan dalam dakwaan. Siapa teman Anthony dimaksud padahal JPU berulang kali menyebutkan teman Saudara Anthony, apakah orang yang sama? Siapa dan peranannya dalam peristiwa hukum yang didakwakan JPU?" kata Syuratman.

Syuratman menilai dakwaan jaksa tidak cermat dan telah mengabaikan hukum tentang perdamaian antara pelapor dengan Kris Hatta. Ia mengatakan pada 7 Agustus terdakwa dengan pelapor Anthony telah melakukan perjanjian perdamaian, Anthony juga sudah mencabut laporannya.

"Namun JPU tidak memasukkan dalil tersebut tidak memasukkan dalil tersebut menjadi peristiwa hukum yang terjadi pada saat pada saat proses penyidikan," kata Syuratman.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com