detikNews
2019/10/12 17:29:19 WIB

Camat Ciputat Ungkap Musabab Munculnya Surat Edaran Berbaju Gamis Hitam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Camat Ciputat Ungkap Musabab Munculnya Surat Edaran Berbaju Gamis Hitam Kantor Kecamatan Ciputat (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Tangerang Selatan - Surat perintah dari Camat Ciputat yang mewajibkan seluruh pegawai wanita di Kecamatan Ciputat mengenakan baju gamis hitam tiap Jumat viral di media sosial. Camat Ciputat Andi D Fatabai menyatakan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat tersebut.

Andi kemudian mengungkap sebab munculnya surat perintah tersebut. Andi mengatakan terjadi kesalahan informasi antara dirinya dan staf kecamatan terkait pembuatan surat perintah tersebut.

Awalnya Andi memaparkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Tangerang Selatan No 22 Tahun 2014 tentang Pakaian Dinas PNS yang mengatur semua PNS wanita mengenakan baju muslim berwarna putih pada hari Jumat. Namun dia lalu mendengar keluhan dari masyarakat karena pakaian tersebut dinilai transparan.


"Jadi begini, ini berdasarkan dengan kondisi di Kecamatan Ciputat, jadi sebenarnya bahwa untuk hari Jumat itu sudah ditetapkan oleh perwal itu memakai baju busana muslim putih. Cuma, karena perempuan yang ada di loket pelayanan itu memakai baju putih dan cenderung transparan," ujar Andi kepada wartawan, Sabtu (12/10/2019).

Atas dasar pertimbangan tersebut, Andi memerintahkan kepada stafnya untuk membuat surat pemberitahuan agar PNS wanita tidak mengenakan baju putih, melainkan baju muslim berwarna hitam agar terlihat lebih sopan.

"Oleh karena itu, banyak laporanlah juga saya dengan dari masyarakat 'Pak, kalau di loket pelayanan tolonglah baju yang sopan, ini kan kita kota yang religius'. Nah, cuma saya tanya kalau baju putih pasti transparanlah. Karena memang staf saya itu nggak pakai jilbab. Ada juga yang kalau di kantor pakai jilbab, tapi setelah dia di kantor baru lepas jilbab, kan begitu," kata dia.


"Nah, saya bilang sama staf, tolong bikin surat saja, pemberitahuan bahwa kepada seluruh staf perempuan untuk memakai busana muslim berwarna hitam. Terus kata staf saya 'Yang kaya gimana, Pak?'. 'Yang kaya gamislah' saya bilang begitu. Jadi pakai busana muslim. Nah, ditulisnya gamis," lanjut Andi.

Foto hoax surat perintah Camat Ciputat yang meminta PNS perempuan memakai gamis hitam tiap hari JumatFoto hoax surat perintah Camat Ciputat yang meminta PNS perempuan memakai gamis hitam tiap hari Jumat (Foto: dok. Istimewa)

Akan tetapi, setelah surat pemberitahuan itu dibuat, Andi mendapati surat tidak sesuai dengan yang dimintanya. Pada surat tersebut tertulis surat perintah dan mewajibkan memakai gamis hitam. Kemudian dia memerintahkan kepada stafnya untuk mengoreksi surat tersebut.

"Jadi di situ ditulisnya surat perintah untuk perempuan memakai gamis, itu posisi surat posisi belum saya koreksi. Jadi begitu masuk ke saya sudah saya koreksi semua, bukan surat perintah, nggak boleh ada perintah. Jadi itu pun gamis, nggak benar gamis, jangan," imbuh Andi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com