detikNews
2019/10/10 13:18:46 WIB

Buka Jasa Pembuatan KTP-NPWP Palsu, Pria Asal OKI Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 1 dari 2
Buka Jasa Pembuatan KTP-NPWP Palsu, Pria Asal OKI Ditangkap Ilustrasi KTP Palsu. (Foto: Ilustrasi: Zaki Alfarabi)
Palembang - Seorang pria asal Tulung Selapan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, RN (33) ditangkap atas kasus pemalsuan dokumen. Salah satu yang terungkap adalah pemalsuan KTP dan kartu NPWP.

"Pelaku RN ini awalnya ditangkap oleh Polsek Tulung Selapan setelah adanya laporan soal pemalsuan identitas KTP. Setelah kami selidiki, ternyata benar di lokasi ada pelaku," terang Kapolres OKI, AKBP Donni Eka, Kamis (10/10/2019).

Penyidik yang menemukan ada transaksi jual beli KTP palsu pun mengembangkan kasus. Ternyata, ada juga kartu NPWP di counter handphone milik pelaku.

"NPWP palsu juga, ini kita temukan dari lokasi penangkapan. Jadi di counter dia ada alat untuk edit dan cetak identitas," kata Donni.


Kapolres OKI, AKBP Donni Eka.Kapolres OKI, AKBP Donni Eka. (Foto: Raja Adil/detikcom)


Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku mencetak KTP dan NPWP setelah dapat pesanan. KTP palsu dijual secara online dan menggunakan NIK milik orang lain.

"KTP palsu, foto sesuai pesanan melalui online dan NIK ini punya orang lain yang dipakai. Jelas ini semua melanggar dan dilarang, pemalsuan dokumen negara ini dan sudah berlangsung sejak bulan Mei lalu dan dijual Rp 70-150 ribu," katanya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com